Berita Terbaru

Peruri Kembangkan Sistem Pembayaran Elektronik

By cuki - Kamis, 13 Februari 2014

PT Peruri Digital Security menggaet sejumlah mitra kerja untuk pengembangan sistem pembayaran digital sebagai bagian dari upaya pengembangan perseroan. Anak usaha BUMN percetakan uang, Perum Peruri  ini berharap bisa menjadi salah satu pelaku pengembangan uang elektronik.

Direktur Utama Perum Peruri, Prasetio, dalam keterangan tertulis, Rabu 12 Februari 2014, mengungkapkan, anak usaha Peruri ini dibentuk untuk mengantisipasi perkembangan teknologi. "Kami mendirikan Peruri Digital Security sebagai antisipasi menghadapi peningkatan penggunaan uang elektronik," katanya.

Prasetio mengatakan bahwa pendirian Peruri Digital Security yang 99 persen sahamnya dikuasai Perum Peruri, merupakan bagian dari langkah cepat BUMN mengikuti perkembangan dan dinamika pasar. Khususnya mengarah kepada teknologi berbasis digital.

"Selama ini, kami dikenal sebagai perusahaan nasional yang sangat secure dalam mencetak uang, atau kartal money. Ke depan, kami juga ingin unggul di bidang digital money," ujarnya.

Dia berharap, untuk jangka pendek, Peruri Digital Security yang didirikan dengan modal kerja Rp80 miliar ini bisa berkontribusi sekitar 10 persen pada pendapatan Perum Peruri. Saat ini, menurut dia, pendapatan Peruri mengandalkan dari mencetak uang, dokumen, dan surat berharga lainnya.

Padahal, bisnis uang elektronik adalah bisnis masa depan. Dirut Peruri Digital Security, Kemal I Santoso mengatakan bahwa e-money mempunyai komunitas merchant, bank, dan telekomunikasi. Perusahaan akan mendukung komunitas itu lewat sistem maupun kartunya.

"Kami bukan penerbit e-money. Peruri Digital Security memposisikan diri sebagai fasilitator yang berupaya mewujudkan adanya interoperability sistem pembayaran nasional, termasuk mewujudkan implementasi Certification of Authority di dalam ekosistem pembayaran," kata Kemal.

Follow Like

Baca Juga

Leave a Reply