Berita Terbaru

Indra Sjafri Puas dengan Gaya Main Timnas U-19

By cuki - Selasa, 11 Februari 2014

Solo - Tim Nasional Indonesia U-19 melahap empat laga ujicoba di tur nusantara dengan kemenangan. Meski masih memiliki kekurangan, pelatih Indra Sjafri mengaku puas dengan gaya permainan timnya.

Pada laga ujicoba pertama, timnas U-19 sukses meraih kemenangan 3-1 atas PSS Sleman. Selanjutnya, giliran Persiba Bantul mereka kalahkan dengan skor 2-0.

Kemenangan tersebut berlanjut ketika berhadapan dengan tim Pra-PON DIY, di mana Evan Dimas dkk. menang 3-2. Terakhir, mereka menang tipis 1-0 atas tim Pra-PON Jawa Tengah. Gol semata wayang pada laga terakhir itu dicetak oleh Maldini Pali.

Menurut data dari tim statistik Labbola, di ujicoba terakhir melawan tim Pra-PON Jateng, Timnas U-19 mencatatkan percobaan passing hingga 741 kali dengan 678 di antaranya tepat sasaran. Labbola menyebut, Timnas U-19 mengalami peningkatan akurasi passing mencapai 91 persen.

Dari catatan tersebut, Indra menilai penampilan anak didiknya sebenarnya mengalami peningkatan, kendati masih banyak kekurangan yang menjadi pekerjaan rumah.

"Dari segi possession semakin baik. Kemarin saat melawan tim Pra-PON Jateng (jumlah operan) mencapai angka 700-an. Artinya, pola permainan anak-anak sudah mulai terbentuk," sahut Indra saat dihubungi, di Jakarta, Selasa (11/2/2014).

Oleh sebab itu, pelatih 51 tahun itu menegaskan tidak akan mengutak-atik gaya permainan 

"Saya tidak ingin mengubah gaya permainan anak-anak. Saya tetap akan mempertahankan gaya main dengan ball possession. Bagaimana membangun serangan dari lini satu, dua, hingga tiga secara konstruktif. Kalau kami menggunakan pola direct-pass, tidak cocok."

"Jika bermain di level Asia dan melawan negara-negara Timur Tengah, Korea Selatan, Korea Utara, dan Jepang, tidak bisa menggunakan pola direct-pass," terangnya.

Kendati masih akan menjalani serangkaian ujicoba lainnya, Indra akan memanfaatkan laga tersebut untuk meningkatkan kemampuan timnya terutama di lini serang yang dinilai kurang kreativitas.

"Pertandingan kemarin monoton. Anak-anak hanya membuka pertahanan dari sisi sayap. Tapi itu semua menjadi pelajaran bagi kami dengan gaya permainan mereka (tim Pra PON-Jateng) yang tertutup. Sehingga kami tahu pemain di lini serang harus berani bermain dengan pola permainan tembok, kombinasi satu-dua, hingga overlap. Itu yang akan kami tingkatkan di sesi latihan dan ujicoba berikutnya," tuturnya.

Selanjutnya, timnas U-19 akan ditunggu ujicoba melawan PSIS Semarang pada 14 Februari mendatang.

Sumber:http://sport.detik.com/sepakbola/read/2014/02/11/141255/2493358/76/2/indra-sjafri-puas-dengan-gaya-main-timnas-u-19-tapi-tetap-berikan-catatan

Follow Like

Baca Juga

Leave a Reply