Berita Terbaru

Contoh Jaringan Komputer

By cuki - Sabtu, 23 Februari 2013

Saat ini sudah banyak jaringan yang beroperasi di seluruh dunia. Sebagian dari jaringan itu sudah dimiliki oleh perusahaan telekomunikasi. Jaringan dapat dibedakan berdasarkan sejarah, administrasi, fasilitas yang ditawarkan, rancangan teknisnya dan komunitas pengguna. Pada bagian ini, kita akan meninjau beberapa contoh yaitu : Windows NT Server, Novell NetWare dan Internet.

a.    Windows NT Server
Windows NT Server dikembangkan oleh Microsoft Corporation dan pada mulanya digunakan untuk menandingi NovellNetWare. Sistem operasi jaringan ini menawarkan solusi jaringan lengkap untuk organisasi kelas menengah sampai ke jaringan besar untuk perusahaan-perusahaan raksasa.

Windows NT Server merupakan system operasi yang harus digunakan bila kita berniat membangun suatu jaringan berbasis PC yang besar dan mungkin dengan protokol yang berbeda-beda serta dengan jumlah yang  banyak.
Disamping itu harga yang layak dan dukungan teknis dari Microsoft juga merupakan hal yang perlu dipertimbangkan.

b.    Novell NetWare
NetWare dikembangkan oleh Novell Corporation. NetWare dirancang untuk digunakan oleh perusahaan yang ingin mengubah mainframe menjadi jaringan-jaringan PC. Dalam system ini, setiap pengguna memiliki desktop PC yang berfungsi sebagai client dan sejumlah PC yang lebih besar sebagai server. Sebuah server bertugas menyediakan layanan file, layanan database dan layanan-layanan lain ke sejumlah client. Dengan kata lain, Novell NetWare didasarkan pada model client-server

c.    Internet
Apa sebenarnya arti berada diinternet? Bagaimana sebuah komputer dapat berada diinternet? Sebuah komputer berada di internet apabila komputer itu bias mengoperasikan protokol TCP/IP, memiliki alamat IP dan memiliki kemampuan untuk mengirim paket IP ke semua komputer di internet.

Secara garis besar, ada beberapa aplikasi dari internet yaitu sebagai berikut:

1    E-mail
Kemampuan menyusun, mengirim dan menerima e-mail telah ada sejak ARPANET dan sangat popular

2    Newsgroup
Newsgroup merupakan forum khusus di mana pengguna yang memiliki hobi yang sama dapat bertukar idea tau gagasan

3    Remote Login
Pemakaian telnet, rlogin atau program-program yang lain, pengguna yang berada dimanapun dapat melakukan login ke komputer asalkan dia mempunyai account.

4    Transfer File
Penggunaaan program FTP adalah memungkinkan pengguna untuk menyalin file dari suatu file dari computer di internet ke computer lainnya. Sejumlah artikel, informasi pentng apa saja bias didapat dengan cara ini

5    Gopher
Gopher adalah aplikasi yang dapat mencari informasi yang ada di internet, tetapi hanya text base saja, atau berbasiskan teks. Untuk mendapatkan informasi melalui Gopher, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di internet.

6    Chat
Chat dalam bahasa Indonesia artinya adalah “ngobrol” merupakan program aplikasi internet yang memungkinkan kita berbicara secara langsung (on-line) dengan lawan bicara kita. Program aplikasi ini biasa disebut IRC(Internet Relay Chat).

Follow Like

Baca Juga

Leave a Reply